Tuesday, February 24, 2009

Terus Berkarya

Terus berkarya.. kata itu selalu bergema dipikiran, menghasilkan sebuah karya merupakan kebanggaan dan pastinya bahagia karena karya saya bisa dinikmati oleh orang banyak dan berguna untuk mereka, tahun 2008 kemaren saya sudah mengeluarkan 1 buah buku tentang pemrograman Drupal, walaupun tidak saya terbitkan melalui toko buku tapi alhamdulillah buku itu bisa dimiliki banyak orang dengan penyebaran secara online lewat website saya yaitu www.shareilmu.com. Sampai hari ini peminat buku itu masih terus berdatangan, gak disangka ternyata karya saya bisa sangat diminati mrgreen.

Banyak tanggapan dan pujian pada buku saya juga harapan dari mereka untuk membuat buku selanjutnya membuat saya semakin termotifasi untuk terus berkarya, saat ini saya sedang menyelesaikan buku ke 2, masih seputar pemrograman drupal dengan judul

MEMBANGUN WEBSITE DIGITAL LIBRARY SEDERHANA DENGAN DRUPAL 6 DAN PHP

Dalam minggu ini semoga buku tersebut bisa selesai dan bisa dilaunching melalui website www.shareilmu.com, keinginan untuk menulis datang karena referensi drupal dalam bahasa indonesia masing sangat jarang bahkan hampir tidak ada, karena itulah saya mencoba membuat tutorial dalam bentuk buku yang berbahasa indonesia. Banyak juga yang bertanya dari mana saya belajar Drupal ? karena jarang perempuan yang mendalami Drupal, itu kata mereka mrgreen.

Awal saya belajar drupal karena saat itu saya diharuskan membuat interface website untuk satu project dikantor. Saat itu saya blank sama sekali dalam pikiran saya saat itu drupal susah banget dan membingungkan, syukurnya saat itu ada salah seorang leader yang sedikit mengajarkan saya cara instalasi Drupal ( beliau adalah bapak Adin, seorang praktisi hebat yang bermukim di UI biggrin ), walaupun beliau hanya mengajarkan instalasi doank tapi dari situlah saya bisa drupal, siang dan malam tanpa henti juga banting tulang mrgreen mencari tahu apa itu Drupal, akhirnya slowly but sure saya bisa juga membuat content baru di drupal ( baru buat content aja dah seneng banget loh waktu itu razz ), terus berjuang tanpa lelah mencari dan menyusuri jalan setapak demi Drupal lol akhirnya membuahkan hasil, project membuat interface bisa selesai dan sedikit demi sedikit saya tahu tentang drupal.

Setelah project selesai sepertinya saya semakin jatuh cinta dengan cms satu ini, menurut kabar nieeh cms powerfull dan cool, tanpa banyak menunggu terus melaju kencang untuk mencari source tutorial tentang drupal, cukup melelahkan juga seeh karena semua tutorial berbahasa inggris so belajarnya harus dobel yaitu belajar menterjemahkan tutorial dan belajar drupal mrgreen, tapi karena terlanjur cinta sama drupal, dijabanin aja deeh walau harus manteng terus di depan kompie and browsing internet. Kalo dibilang jago Drupal sampai saat ini saya masih newbie kok and masih terus belajar, setelah melanglang buana di dunia maya dan tidak menemukan satu pun source tutorial drupal dalam bahasa indonesia, saya memberanikan diri membuat dokumentasi dari hasil belajar saya menjadi sebuah buku, sempet juga seeh saat itu mengirimkannya kesebuah penerbit tapi ditolak, yaa... sudahlah saya mencoba memasarkan sendiri melalui website yang juga saya buat dengan drupal, tanpa disangka tanpa diduga, antusias pengunjung website saya luar biasa dan peminat buku juga banyak.

Seneng banget deeh pokoknya buku saya banyak dibeli orang dan banyak juga yang ucapan terima kasih atas ilmu yang sudah saya tuangkan dalam buku tersebut, alhamdulillah banget akhirnya harapan saya untuk bisa berguna untuk orang lain terlaksana walau hanya lewat sebuah buku, minimal saya bisa memberikan ilmu saya yang sedikit ini buat orang lain.

Terima kasih untuk semua orang yang sudah membeli buku saya dan menghargai karya saya, karena itu saya akant terus berkarya dan menghasilkan sesuatu untuk orang lain.

No comments: