Saturday, September 6, 2008

Kita Memperoleh Kulit Cantik Impian

Kulit mencerminkan kesehatan tubuh. Kulit bagaikan kanvas tubuh yang sangat berharga. Memperoleh kulit sehat ditentukan kebiasaan sehari-hari.

Untuk perawatan kulit yang baik, maka mulailah membangun kebiasaan sehat yang akan melindungi dari dalam dan luar.Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk perawatan dasar kulit agar tetap sehat, antara lain:

  1. Minum air. Dianjurkan untuk meminum air sekitar 8 gelas sehari untuk hidrasi optimal.
  2. Bersihkan wajah setiap hari. Basuh wajah minimal dua kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Kemudian lanjutkan dengan toner untuk mengangkap minyak, debu dan make up yang tertinggal.
  3. Sesuai jenis kulit. Usai membersihkan wajah, jangan lupa untuk membubuhkan pelembab. Semua jenis kulit membutuhkan pelembab, termasuk kulit yang berminyak. Beli pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.
  4. Hindari paparan sinar matahari. Jika kulit terpapar sinar matahari berlebih, dapat menyebabkan berbagai perubahan seperti kerutan, belang, bintik hitam atau jerawat. Bahkan kanker kulit pun dihubungkan dengan sinar matahari yang berlebih. Ingat untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan sun protection factor (SPF) 15 atau lebih.
  5. Minta pertolongan ahli. Tampilan kulit tidak selalu sempurna. Bisa saja menjadi kering atau berminyak. Mungkin juga terdapat ruam atau jerawat. Konsultasikan permasalah kulit Anda dengan ahli kulit atau ahli kecantikan yang profesional.
  6. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari makanan yang digoreng atau berminyak. Sebaliknya, pilih makanan yang sehat dengan gizi seimbang.
  7. Teliti kondisi kulit. Anda harus memberi perhatian yang cukup pada kulit di seluruh tubuh. Kenali semua bagian, sehingga Anda segera mengetahui jika terdapat perubahan. Misalnya, benjolan yang biasanya menjadi indikasi awal kanker. Setiap kali Anda menemukan hal semacam itu, segera hubungi dokter

No comments: