Wednesday, December 10, 2014

Sharing Perjalanan Umroh bag. 1

Alhamdulillah, berjuta syukur ku panjatkan pada MU ya Rabb, atas rejeki luar biasa sehingga aku, suami, ibuku bisa menuju Baitullah. Hasrat untuk pergi ke Baitullah sdah ada sejak 10 tahun lalu, saat aku msih single, tapi belum bisa terlaksana dikarenakan saat itu blum ada muhrom yang menemani ( kl ajak bapak atau agung, kan aku harus bayarin :D ) kl dipaksa berangkat sendiri saat itu bisa saja karena banyak travel umroh yang pake surat Muhrom utk dapat masuk ke Mekkah, tapi sangat tdk benar menurutku penggunaan surat Muhrom itu ( Jalankan lah yang Benar, jangan Mengakali apa yang dilarang ) .

Alhamdulillah 2 tahun kemaren tepatnya tahun 2012 awal, aku dan suami sudah daftar haji, tapi lagi2 keberangkatan kita baru bisa 8 tahun kemudian :(( lamaaaaaa banget, hasrat untuk segera ke Baitullah semakin memuncak, aku sangat berharap bisa ke sana secepatnya walau bukan haji. 

Syukur alhamdulillah akhir tahun ini, insya Allah jika lancar tgl 20desember 2014 kami berangkat ber 3 ke Baitullah, rasanya Haru, gk percaya dan takjub, Allah mengabulkan doa ku secepat ini, kami diberikan rejeki lebih untuk bisa pergi Umroh sebelum haji. Mungkin ini yang dibilang, "Jika kita niat ibadah kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan yang mustahil menjadi Mungkin, KUN FAYA KUN "

Persiapan awal umroh pastinya cari travel umroh yang terpercaya dan sesuai Sunnah Nabi Muhammad S.A.W , dan kita percayakan perjalanan umroh ini ke SUNNAH TRAVEL kepunyaan Bapak Abdul Haq, sejak oktober kita sudah daftar dan melengkapi berkas2 dan persyaratan umroh diantaranya adalah : Passport aktif, Kartu kuning( ini surat penanda kita sudah di vaksin Meningitis). Untuk Passport sendiri aku dan suami urus bareng di kantor imigrasi cabang jakarta barat tepatnya di daerah kota tua. Dan untuk kartu kuning kita urus di Kantor kesehatan Bandara Cengkareng, Alhamdulillah semua sudah kumplit, tinggal pelunasan pembayaran, untuk perjalanan umroh kali ini aku pilih yang harga terjangkau tapi nyaman, kita kena biaya $1775 untuk yang triple (biar 1 kamar bertiga, gk campur sama jemaah lain). ini dia gambar dari Passport, kartu kuning ku dan suami



Persiapan lain yang tidak kalah pentingnya adalah perlengkapan yang akan kita bawa nanti, berikut ini list dari daftar bawaan yang sdah aku persiapkan untuk aku dan suami

  1. Baju ihrom (khusus suami tercinta)
  2. Pakaian 4 stel 
  3. Jaket dingin (karena kabarnya bulan desember ini suhu dimalam hari arab saudi akan sangat dingin)
  4. Kaos kaki untuk hawa dingin, ini ku beli khusus yang tebal biar kita hangat disana :)
  5. Kaos kaki untuk berpergian sehari2
  6. Pakaian dalam
  7. Pakaian Tidur
  8. Sandal jepit
  9. Sandal sepatu, ini jg ku beli khusus yang buat haji dan umroh
  10. Handuk besar dan handuk kecil
  11. Perlengkapan mandi
  12. Obat2 an, ( Parasetamol, bodrex, procold, minyak kayu putih, antimo)
  13. Hanger / gantungan baju
  14. Stop kontak (untuk charge gadget) karena colokan arab saudi beda dgn colokan indonesia
  15. Kaca mata
  16. Gunting kecil
  17. Al-quran ( untuk tilawah di sela2 menunggu atau transit nanti, karena kita menggunakan maskapai Emirates yang rencananya akan transit di DUBAI selama kurang lebih 2-3 jam)
  18. Buku-buku tata cara umroh
  19. Uang dalam mata uang Real, disini kita hanya akan menukarkan sebesar Rp. 2juta saja, kl kurang nanti bisa pake ATM mandiri yg berlogo VISA

Itu catatan perlengkapan yang aku siapkan untuk perjalanan kami, semoga tidak ada yang terlewat. Yang tidak kalah penting juga yaitu menginformasikan kepada semua reseller dan pembeli OnlineShop kami kalau kami close order dari tanggal 17desember - 1 januari. Karena menjelang keberangkatan umroh ini, orderan membludak, mau thun baru juga jadi orderan coklat melonjak tajam. Alhamdulillah disaat kita punya rencana umroh rejeki kita mengalir deras sekali.

Sementara sharing nya sampai disini dahulu, nanti akan ku sharing lagi saat perjalanan menuju mekkah juga acara umroh kita, smoga Allah memudahkan urusan kami dan memberikan kesehatan kepada kami hingga kami dapat menjalani ibadah umroh dengan khusyuk nantinya.

No comments: